Instalasi Modem Dial-up di Ubuntu

Gak bisa internet, ibarat Sayur tanpa Sayur Tanpa Garam, kebetulan di Indonesia pemakai Dial-Up masih banyak (Saya juga termasuk) maka ini ada sedikit panduan instalasi modem Dial-Up tanpa “ngecracking” drivernya LinuxANT. Modem yang digunakan adalah Modem yang berbasis HSF Modem Conexant, contoh nih Dial-Up Modem D-LINK DU 562, atau prolink dan sejenisnya yang pasti harus HSF Modem, boleh internal atau External, dalam panduan ini modem yang digunakan adalah Modem External D-link DU 562 yyang dapat dibeli seharga 180ribu-200ribu.

Buat yang belum yakin Modem nya HSF ato bukan ikuti tutorial a, buat yang sudah berModem HSFlangsyng ikutin tutorial no 1-5.

a. Download software scan modem disini http://132.68.73.235/linmodems/index.html#scanModem simpan didesktop setelah selesai buka terminal (Start/Applications-> Accesoris->Terminal)

$ cd ~/Desktop
$ gunzip scanModem.gz
$ chmod +x scanModem
$ ./scanModem
$ gedit Modem/ModemData.txt

program scanModem akan men”scan” modem yang ada di Laptop/PC kamu dan memberitahukan bagaimana cara konfigurasi Modem kamu. Tapi program ini tidak mengkonfigur modem kamu, (cuma ngasih tau caranya aja). Setelah melakukan proses tadi kamu akan menemukan beberapa folder baru termasuk folder “modem” baca “1st read.txt” dan “ModemData.txt” di folder itu. dan Perhatikan apakah modem kamu dikenali, jika Ya maka langsung ikuti tutorial berikut ini:

1. Perusahaan Dell telah menyediakan driver Modem HSF Conexant secara gratis dan tinggal 2x klik langsung jalan :terimakasih DELL: Downloadlah file .deb dialamat berikut sesuai dengan Distro ubuntu yang kamu pakai

Ubuntu 8.04 (Hardy Heron): http://linux.dell.com/files/ubuntu/hardy/modem-drivers/hsf/.

Ubuntu 7.10 (Gusty Gibbon): http://linux.dell.com/files/ubuntu/gutsy/modem-drivers/hsf/.

Ubuntu 7.04 (Feisty) gunakan link inie Feisty Dial_Up

2. pasanglah modem kamu pada Laptop, kalo pake USB segera colokkin :) doubleKlik file deb , dan masukkan password untuk melakukan instalasi, lalu klik tanda advance pada jendela instalasi untuk melihat detil instalasi, jika ada pertanyaan ketikkan “Y” lalu tekan tombol Enter, sampai selesai.

3. setelah terinstall kini kita menginstall aplikasi Dial-UP KPPP, masuk ke Start/Applications -> add/remove, setelah itu search “kppp” trus centang program yang ditemukan, KPPP dan KPPP LOg viewer –> Apply, masukkan password u/ menginstall

4.setelah terinstall maka kita akan mengkonfigurasi KPPP: ikuti petunjuk gambar, smoga berhasil :)

- jalankan program KPPP Start/Applications–>Internet–>KPPP

kppp_1

- Klik tombol”Configure” maka akan tampil jendela seperti dibawah ini:

kppp_3

- Kita akan membuat account baru, klik “New” lalu isikan parameternya seperti dibawah ini:

kppp_2

- lalu klik OK, setelah itu masuk ke tab Modem, untuk menambah modem klik “Add” lalu isikan parameter seperti dibawah ini:

kppp_2

-Klik OK, setelah selesai semua, kembali ke jendela KPPP awal, lalu isikan username dan password (telkom) seperti dibawah ini:

kppp_4

lalu klik Connect, Oiya colokin kabel telponnya dulu ding.

SEmoGa BErhAsiL

Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

 
Copyright 2010 Mizzhack
Cintaku Blogger template by Mizzhack. Supported by Mizzhack