Apa itu X Window

X Window

Apaan tuch…X Window , X window itu adalah Sistem antarmuka grafis dari Linux, seperti kita melihat gambar-gambar di Windows 95, di Linux itu disebut X Windows…..,tapi sebut saja X atau X11….

dikenal didalamnya ada ;

Window Managers

X11 memberikan kemampuan pada sebuah program untuk menampilkan dirinya dalam sebuah jendela. bagaimana mengatur mendefinisi dan seperti apa jendela itu terlihat/atau tampil itu pula yang akan tampak di layar monitor di kendalikan oleh program yang terpisah yang disebut sebagai Window Manager Ini adalah salah satu contoh window manager (afterstep)

Sebagai ilustrasi ambil Windows 95 dimana yang terlihat sebagai windows managernya adalah Explorer, atau di Windows 3.0, dengan Program Managernya, di Linux banyak pilihan untuk Windows Manager

sebagai contoh Red Hat Linux secara default pakai fvwm95 sebagi window manager nya, yang menyerupai tampilan Windows 95. Anda tampak tombol Start, tombol memperkecil dan memperbesar window pada sudut kanan bar-nya.

Beberapa contoh Window Manger seperti : Window Maker, Ice WM, Afterstep, Enlightment

Lingkungan Desktop/Desktop Environtment

Lingkungan desktop adalah

RedHat Linux dibundel bersama desktop manager GNOME (www.gnome.org), sebuah lingkungan desktop dari Project GNU yaitu sebuah organisasi yang menulis berbagai macam program aplikasi yang gratis untuk sistem Linux. Selain GNOME ada pula yang cukup populer yaitu K Desktop Environment (www.kde.org) versi 1.1., dimana didalamnya sudah lengkap dengan aplikasi-aplikasi baik untuk text editor ataupun untuk koneksi internet, termasuk didalamnya Chat, Mail, FTP dll.
Salah Satu contoh Desktop Manager dari GNOME

Yang lebih populer lagi adalah CDE (Common Desktop Environment). yang juga merupakan standard dalam lingkungan komunitas Unix seperti yang sering atau mungkin anda lihat di HP/UX ataupun pada mesin Solaris. namun sangat disayangkan karena sifatnya yang tidak free version.

Referensi :
Henry White , Basic linux Training 1997

Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

 
Copyright 2010 Mizzhack
Cintaku Blogger template by Mizzhack. Supported by Mizzhack